Manajemen Bisnis dan Pemasaran

Apa itu Manajemen Pemasaran (Marketing)?

Manajemen Pemasaran adalah program studi yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, hingga evaluasi proses dan kegiatan pemasaran barang dan jasa, untuk memenuhi tujuan dari perusahaan atau organisasi tertentu. Dalam Manajemen Pemasaran akan dipelajari mengenai pengembangan konsumen, pergerakan produk dari tangan produsen ke tangan konsumen. Termasuk pemahaman terkait perilaku dan dinamika konsumen, analisa permintaan, teori harga, segmentasi pasar, metode dan media periklanan, dan aspek-aspek pemasaran lainnya.

Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini?

Di program studi Manajemen Pemasaran ini kamu akan dipandu untuk berbikir kreatif dan inovatif serta tetap up to date dengan perkembangan tren dan teknologi. Pemasaran adalah salah satu faktor tertentu dalam penentu suksesnya suatu perusahaan atau produk untuk dikenal dan dipercaya oleh masyarakat yang menjadi konsumennya, karena itu seorang profesional Manajemen Pemasaran atau marketer juga merupakan representasi dari perusahaan atau produk yang dipasarkannya, sehingga penting sekali untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Di era digital ini, kemampuan kamu dalam menggunakan social media juga menjadi nilai tambah karena kini social media menjadi salah satu media pemasaran yang efektif.

Mata Kuliah Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

1 Manajemen Pemasaran
2 Manajemen Bisnis
3 Perilaku Konsumen
4 Manajemen Sumber Daya Manusia
5 Akuntansi
6 Statistik Bisnis
7 Manajemen Produk
8 Matematika Bisnis
9 Pemasaran Digital
10 Managemen Operasi
11 Pemasaran Jasa
12 Periklanan dan Promosi Penjualan
13 Manajemen Hubungan Pelanggan
14 Manajemen Retail
15 Perencanaan Pemasaran
16 Riset Pemasaran
17 Komunikasi Bisnis
18 Etika dan Hukum Bisnis
19 Manajemen Pemasaran Wisata
20 Pemasaran Usaha Kecil dan Menengah
21 Pemasaran Informasi
22 Sistem Informasi Manajemen
23 Perpajakan
24 E-Commerce

Karakter Siswa Yang Sesuai


  • Tekun
  • Kritis
  • Observan
  • Senang berhitung
  • Berwawasan luas
  • Senang menganalisis
  • Senang melakukan riset
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan interpersonal
  • Bisa bekarjasama dengan team
  • Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pemasaran (Marketing)

Setiap kegiatan bisnis atau usaha membutuhkan kegiatan pemasaran agar produk baik barang ataupun jasa yang dihasilkannya dapat dikenal, diterima, dan dikonsumsi oleh target marketnya. Oleh karena itu peranan seorang marketer sangat dibutuhkan di berbagai perusahaan. Program studi Manajemen Pemasaran berjenjang studi Diploma III (D3) Diploma IV (D4) dan Strata I (S1). Lulusan Manajemen Pemasaran memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas, tidak hanya di perusahaan swasta, tapi juga di berbagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tidak heran banyak lulusan Manajemen Pemasaran atau Marketing yang berkarir di divisi pemasaran sebagai sales executive, analis pemasaran, dan social media marketer.

Profesi dan Karir Lulusan Manajemen Pemasaran (Marketing)


  • Perencana Bisnis Berkelanjutan
  • Agen Pembelian (Tidak Termasuk Grosir, Retail dan Produk Pertanian)
  • Manajer Pencegah Kerugian
  • Telemarketer
  • Manajer Penjualan
  • Representatif Layanan Konsumen
  • Manajer Produksi Industri
  • Penjualan Retail
  • Manajer Pemasaran
  • Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran


Kampus Terkait


Akademi Pariwisata Makassar
Negeri

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan
Negeri

Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara
Negeri

Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya
Swasta

Politeknik Negeri Bandung
Negeri

Politeknik Negeri Malang
Negeri

Politeknik Negeri Semarang
Negeri

President University
Swasta

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN
Swasta

Sekolah Tinggi Manajemen PPM
Swasta

Telkom University
Swasta

Universitas Airlangga
Negeri

Universitas Diponegoro
Negeri

Universitas Halu oleo
Negeri

Universitas Indonesia
Negeri

Universitas Islam Nahdlatul Ulama' Jepara
Swasta

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Negeri

Universitas Jambi
Negeri

Universitas Komputer Indonesia
Swasta

Universitas Lambung Mangkurat
Negeri

Universitas Mpu Tantular
Swasta

Universitas Muhammadiyah Surakarta
Swasta

Universitas Negeri Jakarta
Negeri

Universitas Negeri Yogyakarta
Negeri

Universitas Padjadjaran
Negeri

Universitas Pembangunan Panca Budi
Swasta

Universitas Prasetiya Mulya
Swasta

Universitas Sebelas Maret
Negeri

Universitas Semarang
Swasta

Universitas Tridinanti
Swasta

Universitas Udayana
Negeri


0 comments: